Framework CodeIgniter


CodeIgniter (CI) merupakan salah satu framework PHP yang bersifat opensource. Apa itu framework? Framework adalah kumpulan sebuah maupun banyak modul dalam bentuk class library yang dapat digunakan kembali untuk membuat sebuah aplikasi web yang lebih besar dengan memanfaatkan modul-modul class yang sudah ada. CI ini dikembangkan oleh developer EllisLab, Inc. dan dapat diunduh secara gratis di alamat http://codeigniter.com/downloads/.

Beberapa kelebihan CodeIgniter (CI) antara lain yaitu:

  • Bersifat opensource : Salah satu kelebihan yang paling jelas dari CI adalah framework ini dapat digunakan dan dikembangkan secara legal.

  • Performa sangat ringan : Class library pada CI hanya digunakan ketika diminta oleh user, sehingga hanya dipakai ketika diperlukan. Hal ini yang menyebabkan CI sangat ringan jika dijalankan.

  • Menggunakan model MVC : MVC adalah singkatan dari "Model View Controller", model ini memisahkan antara file logika program, database dan tampilan.

  • Class library yang lengkap : CI dikemas dalam kumpulan class library yang cukup lengkap yang dapat diandalkan untuk proses pembuatan website, seperti mengakses database, validasi form, penanganan session, pengiriman email, dsb.

  • Banyak komunitas : dengan banyaknya komunitas CI, memudahkan kita untuk sharing ilmu dan informasi tentang CI antara pengguna yang satu dengan pengguna yang lain.

  • Dokumentasi yang lengkap : CI mempunyai dokumentasi yang bagus dan lengkap untuk membantu pemula yang ingin belajar CI. Dokumentasi yang ada di website resmi CI dapat dilihat di halaman http://codeigniter.com/user_guide/.

  • Dsb.



Beberapa fitur yang disediakan CodeIgniter (CI), antara lain:

* validasi form dan data
* Kemanan dan XSS filter
* Class untuk pengiriman email, attachment, HTML/Text email, dll.
* Enkripsi data
* Class upload file
* Paging halaman
* Library untuk memanipulasi gambar
* Shopping chart
* URL Friendly
* Class untuk tanggal kalender
* Dsb.


Untuk mengenal lebih jauh tentang CI ini kalian dapat melihat video tutorial berikut ini http://codeigniter.com/tutorials/.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates