Memberikan password Database Access

Tahukan anda, salah satu yang menjadi keutamaan saat membuat sebuah aplikasi khsusnya berbasis database adalah tingkat security nya, apalagi kalau aplikasi yang dibuat berskala besar maka hal ini perlu menjadi pertimbangan. Saat kita membuat sebuah software atau aplikasi dengan menggunakan visual basic terkadang menggunakan access sebagai databasenya, nah untuk demi menjaga sekaligus meningkatkan security sebaiknya database access tersebut di beri password.



Untuk memberi password pada database sebenarnya sangat gampang, mungkin sebagian sudah pada tahu, namun bagi yang belum mengerti bagaimana cara memberi password pada database access, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Saya anggap disini anda sudah bisa membuat sebuah database pada access,

Cara 1 Mempassword Saat Pembuatan Database Baru

  • Saat dalam pembuatannya ketika akan memberi password pada database, cukup memilih menu pada tab Database Tools, lalu pilih menu Encrypt with Password seperti pada gambar dibawah.




  • Setelah itu akan muncul window berukuran kecil Set Database Password,




  • Isikan password sesuai dengan yang anda inginkan. Saya sarankan menggunakan password yang sulit ditebak oleh orang lain namun mudah untuk anda ingat, jangan menggunakan nama, tanggal lahir, nama ibu, nama ayah, dll sebagai password karena itu mudah ditebak oleh orang lain.


Cara 2 Mempassword Pada Database Yang Sudah Di buat


Berbeda caranya ketika kita ingin memberi password pada sebuah database access yang sebelumnya telah dibuat tanpa password dan kemudian suatu saat ingin memberi password dengan cara mengeditnya terkadang yang terjadi database tersebut tidak mau diberi password atau tepatnya akan muncul pesan MessageBoxIcon.Information seperti gambar dibawah.





Untuk solusinya, jangan buka file database yang ingin anda edit dengan cara mengklik 2 kali filenya, Caranya buka dulu Microsoft Access kemudian klik menu Open, pada menu Open tersebut cari file database yang belum dan ingin dipassword, setelah ketemu jangan dulu langsung diopen atau diklik 2 kali, tapi cukup klik 1 kali saja dulu atau difokuskan pada database yang ingin di edit dan diberi password. Pada Button Open, klik tanda panah kecil yang ada disampingnya maka akan muncul beberapa menu kecil, Pilih Open Exclusive. Untuk jelasnya lihat pada gambar seperti dibawah ini!





Setelah anda membuka database acces tersebut dengan cara Open Exclusive, untuk memberi password tinggal ikuti langkah seperti diatas dengan memilih menu pada tab Database Tools, lalu pilih menu Encrypt with PasswordMetode nomor 2 juga digunakan saat ingin mengubah / melakukan perubahan password pada database access.



Selamat Mencoba !!

Semoga Tips Ini dapat Bermanfaat.. ^.^

Jika Masih Kurang Paham Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates